Rangkuman Bab 7 Informatika Ibnu Daffa Haq 8B/19

Algoritma Pemrograman 


A. Eksplorasi Lanjutan Scratch 

1. Kode Control, Input, dan Variable

  • Apa itu Variable?

Variable adalah sebuah nama yang digunakan untuk menyimpan sebuah nilai, dan nilai yang disimpan dapat diubah dengan blok [set variable to] atau [change variable by]. Variable dapat dikenali di semua Sprite (global variable) atau hanya dikenali di Sprite yang aktif saat Variable dibuat (local variable). 

  • Apa itu Control? 

Kode Control pada Scratch dapat mengatur jalannya program, yaitu pengulangan dan kondisi. Dengan kode Control yang tepat, kode program yang dibuat dapat menjadi lebih sederhana. 


2. Kode Custom Block

  • Apa itu Custom Block?

Custom Block adalah sebuah block pada Scratch yang dapat kalian buat sendiri dan dapat disesuaikan fungsinya. Dalam konsep pemrograman pada umumnya, Custom Block dapat dianggap sebagai fungsi/prosedur

  • Kadang kala, kalian membutuhkan kode yang sama untuk dapat digunakan beberapa kali, kalian dapat menggunakan Custom Block pada Scratch. Dengan Custom Block, kalian dapat membuat blok sendiri, yang nantinya dapat berisi blok lainnya juga. Custom Block juga dapat menerima “input” sehingga instruksi di dalamnya dapat dijalankan dengan nilai yang berbeda. Misalnya, jika di dalamnya ada "move x steps" dan X diberi nilai 5, sprite akan bergerak sejumlah 5 langkah. Jika diisi dengan 50, sprite akan bergerak sebanyak 50 langkah. Inilah yang disebut parameter. 


B. Pengantar Blockly Games dan Eksplorasi Puzzle Maze 

  • Blockly adalah suatu tools yang dapat membantu membuat program sederhana dengan menggunakan blok-blok, seperti halnya Scratch. Dengan menggunakan Blockly, proses pengetikan kode program digantikan dengan menggabungkan blok-blok. Kalian dapat melakukan drag and drop pada blok-blok ini. Blok-blok ini merepresentasikan konsep-konsep dasar pemrograman seperti variabel, ekspresi logika, looping, dan lain-lain. 
  • Ada berbagai cara untuk mendapatkan dan menggunakan tools ini, yaitu: 

1. Coding with Chrome (https://chrome.google.com/webstore/detail/ coding-with-chrome/becloognjehhioodmnimnehjcibkloed) 

2. Melalui demo yang disediakan pada https://developers.google.com/ Blockly 

3. Melalui https://Blockly-demo.appspot.com/static/demos/code/index.html 


C. Eksplorasi Blockly Games Music

  • Setelah kalian bermain dengan Puzzle dan Maze, sekarang kalian akan mencoba permainan Music. Di bagian ini, kalian akan mengenali fungsi/ prosedur yang sama seperti Custom Block pada Scratch. Eksplorasi dapat kalian lakukan dengan mengakses situs https://blockly.games/music?lang=en

D. Eksplorasi Sprites dengan Blockly

  • Apa itu sprite? 
Dalam dunia grafika komputer, sprite adalah komponen dalam sebuah program yang merupakan gambar bitmap dua dimensi. Sprite banyak digunakan untuk menggambarkan objek seperti tokoh karakter atau benda lain, baik diam maupun bergerak. Sprite yang bergerak sebenarnya memanfaatkan perubahan posisi dari sprite atau menggunakan gambar lain sehingga seolaholah terjadi animasi
  • Kalau kalian ingat sewaktu eksplorasi dengan Scratch, blok kode program akan ditempatkan pada setiap sprite yang tersedia. Adapun Blockly memiliki pendekatan yang sedikit berbeda. Blok kode program pada Blockly ditempatkan pada tempat yang sama dan melalui aktivitas ini, kalian akan belajar untuk memahami lebih lanjut mengenai eksplorasi sprite pada Blockly. Sekarang, kalian akan mencoba eksplorasi Blockly dengan beberapa objek/sprite. Sayangnya, ini tidak bisa kalian lakukan dengan lingkungan yang sebelumnya dipakai. Pada kesempatan ini, kalian akan menggunakan tools Coding with Chrome yang dapat diunduh dari https://chrome.google.com/webstore/detail/codingwithchrome/becloognjehhioodmnimnehjcibkloed. Sesuai namanya, aplikasi ini dapat diunduh apabila kalian memiliki browser Google Chrome. 
  • Blockly
Menggunakan blok-blok yang di drag & drop seperti pada Scratch dan Blockly Games untuk membuat kode program. 

  • Games
Menggunakan blok-blok yang di-drag & drop juga untuk membuat games.

  • Robots 
Menggunakan Blockly untuk mengontrol jalannya robot. Terdapat beberapa merk robot yang dapat digunakan langsung, seperti Lego EV3 atau Sphero. 


E. Pengenalan Pemrograman Prosedural  

1. Variabel

Di dalam pemrograman, variabel digunakan untuk menyimpan nilai-nilai. Selain menyimpan nilai, sebuah variabel juga harus memiliki nama sehingga dapat dibedakan dengan variabel lainnya. Nama variabel haruslah mudah untuk dikenali. Karena itu, perhatikanlah beberapa tips berikut ini ketika memberi nama untuk sebuah variable. 

1. Buatlah nama variabel yang menggambarkan fungsi variabel tersebut.

2. Tidak perlu memberikan nama yang panjang untuk variabel yang kalian buat. 


2. Percabangan 

Komputer memeriksa nilai kebenaran dari suatu kondisi dengan menggunakan operasi perbandingan dan operasi logika. Operasi perbandingan di dalam pemrograman antara lain adalah sebagai berikut. 

1. Sama dengan (=): operasi ini digunakan untuk memeriksa apakah dua buah nilai bernilai sama atau tidak.

2. Tidak sama dengan (≠ ): operasi ini digunakan untuk memeriksa apakah dua buah nilai bernilai berbeda atau tidak. 

3. Kurang dari (<): operasi ini digunakan untuk memeriksa apakah suatu nilai lebih kecil daripada nilai lainnya. 

4. Lebih dari (>): operasi ini digunakan untuk memeriksa apakah suatu nilai lebih besar daripada nilai lainnya


3. Pengulangan

  • Di dalam komputer, khususnya pemrograman, konsep ini dikenal dengan repetition atau loops. Pada bagian ini, kalian akan mempelajari cara menggunakan loops dalam Blockly
  • a. Blok [repeat n times] Blok ini dapat digunakan untuk melakukan sebanyak yang ditentukan. Terdapat dua buah bagian yang perlu diisi ketika menggunakan blok ini, yaitu banyaknya perulangan dan tindakan atau action apa yang perlu dilakukan secara berulangulang
  • b. Blok [repeat..while] Blok [repeat…while] digunakan jika kalian ingin melakukan perulangan selama suatu kondisi atau syarat tertentu terpenuhi. Dengan kata lain, ketika syarat perulangan sudah tidak lagi terpenuhi, perulangan akan berakhir.

 

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Rangkuman Praktik Lintas Bidang Informatika Ibnu 8B/19

Jawaban soal pertemuan ke 7